Rumah skandinavia: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. Ad
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Ad
  4. Ad
  5. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  6. Ad
  7. Ad

Ciri utama desain Skandinavia adalah simpel, fungsional, nyaman namun tetap dengan detail yang apik. Interiornya pun terkenal dengan estetika tinggi, karena sederhana tapi kaya dengan detail yang menciptakan karakter kuat. Gaya ini merupakan ciri khas negara-negara Nordik seperti Finlandia, Norwegia, Sweden, Denmark dan Iceland. Karena temperatur di negara-negara tersebut yang cenderung rendah, mengubah rumah menjadi area yang nyaman untuk ditinggali bukanlah hal mudah namun menjadi kebutuhan yang sangat penting. Namun dimanapun anda tinggal, sangat mungkin untuk mengadaptasi prinsip-prinsip tersebut ke dalam hunian anda, manfaatkan segala layanan yang homify sediakan untuk mewujudkan rumah Skandinavia impian anda!

Seperti apa ciri rumah Skandinavia?

Merupakan kombinasi dari berbagai bentuk kontemporer yang hangat dan sederhana. Untuk mendapatkan efek ini, rumah anda sebaiknya sudah terbagi menjadi beberapa ruang yang masing-masing fungsional namun elegan, karena merupakan karakteristik penting dari gaya ini. Tiap ruang cenderung memberikan kebebasan lebih, tanpa terlalu banyak dekorasi atau unsur warna. Pilihan warna dinding paling aman misalnya abu-abu, beige, krem dan hitam yang kontras dengan beberapa titik berwarna cerah seperti furnitur dan aksesoris.

Dari sisi materi, interior gaya Skandinavia secara umum cenderung menggunakan materi yang lebih sederhana dan alami, seperti kayu yang ringan dan metal karena dapet memberikan sentuhan elegan tanpa banyak unsur tambahan, terlepas dari fungsi ruangan tersebut. Hal lain yang penting adalah jendela yang berukuran besar atau setidaknya memberikan cahaya alami yang melimpah, beberapa bentuk yang unik sehingga dapat menjadi ciri khas ruangan tersebut, korden yang seminimal mungkin atau tidak ada sama sekali, dan tentu tidak adanya aksesori atau furnitur yang nampak terlalu berat.

Bagaimana cara membangun rumah Skandinavia yang cantik dan nyaman?

Gaya arsitektur Skandinavia dapat diadopsi ke dalam desain rumah anda, dari segi ukuran, penempatan jendela, fungsi tiap ruangan hingga ke tahap selanjutnya yaitu furnitur dan dekorasi. Ketika rumah anda sudah siap, maka tahap selanjutnya adalah memulai mendekor, serta memilih furnitur yang cocok dengan style yang anda inginkan. Tips yang paling mudah bagi anda yang ingin membangun rumah dengan gaya Skandinavia adalah utamakan fungsionalitas, berapa jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut dan apa kebutuhan mereka. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, anda dapat memberikan fokus lebih ke dalam tiap detail rumah sehingga karakter rumah pun lebih terbentuk.

Selain itu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem pencahayaan juga memainkan peranan penting dan sebaiknya tidak dilupakan karena ia merupakan bagian dari keseluruhan gaya tersebut. Misalnya jika anda suka membaca, pertimbangkan untuk membeli sofa yang lebih cocok untuk duduk membaca selama berjam-jam dengan pencahayaan yang memadai. Selain itu, kursi dan piranti lainnya juga harus nampak nyaman. Karena itu anda dapat menambahkan bantal motif, karpet tebal, linen, katun, dsb. Memiliki rumah dalam gaya Skandinavia juga menunjukkan kepribadian anda yang mengutamakan kenyamanan, tanpa mengabaikan fungsionalitas.

Furnitur seperti apa yang cocok untuk rumah gaya Skandinavia?

Prioritas untuk memfurnis rumah dengan gaya Skandinavia adalah utamakan efek hangat dan ciri khas tanpa menjadi berlebihan. Interior desain semacam ini mengutamakan materi alami seperti kayu, yang terutama digunakan untuk lantai dan furnitur. Dinding umumnya dibiarkan dengan warna putih dan furnitur yang cenderung berbentuk lurus memberikan harmoni lebih pada tiap ruangnya. Saat memilih furnitur, tatanannya sesungguhnya lebih penting dari furnitur itu sendiri, baik lemari pakaian atau hal lainnya yang fungsinya mengorganisir benda-benda milik anda karena ini adalah salah satu ciri utama estetika ala Skandinavia.

Dekorasi area sekitar dengan tanaman, pikirkan segala detail yang ada dalam ruangan dan gabungkan dengan segala dekorasi yang sudah ada seperti linen dan bentuk geometris lainnya. Gabungkan benda-benda vintage dengan modern untuk mendapatkan karakter yang lebih kuat, sehingga ambiens yang tercipta lebih orisinil karena adanya sentuhan personal. Para ahli interior homify dapat memberikan anda pendapat melalui konsultasi, jika anda membutuhkan input mengenai detail rumah gaya Skandinavia yang anda inginkan.