Rumah tinggal: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad

Di Indonesia keluarga selalu disarankan untuk memiliki tidak lebih dari dua anak, sehingga kebanyakan rumah hanya perlu mengakomodasi kebutuhan keluarga kecil saja. Ada banyak pertanyaan yang tentunya perlu didiskusikan dan dijawab sebelum anda merencanakan untuk membeli atau membangun rumah keluarga kecil anda.

Apa ciri rumah keluarga kecil?

Sebuah rumah tinggal cocok untuk keluarga kecil jika ia terdiri dari satu unit, namun bukan berarti ia tak bisa terhubung dengan bangunan lain. Sejauh rumah tersebut memiliki akses masuk terpisah ke luar, memiliki akses listrik dan air tersendiri maka ia masih dapat dianggap sebagai sebuah unit rumah mandiri. Banyak tipe rumah dibangun di lahan yang lebih luas, sehingga memiliki tempat lebih untuk halaman depan atau taman.

Apa kekurangan dan kelebihan rumah keluarga kecil?

Semua hal yang kita inginkan tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, pro dan kontra. Tentu kita sudah terlebih tahu kelebihannya, misalnya rumah tersebut memiliki lokasi strategis, memiliki taman yang sempurna untuk bermain anak, atau properti tersebut memiliki kemungkinan untuk diekstensi suatu hari nanti. Namun hal ini juga berarti anda juga harus siap dengan biaya perawatan sebagai pemilik rumah: merawat area taman, kolam renang, biaya AC, dst.

Hal lain yang sebaiknya diperhatikan adalah rumah yang berada di pusat kota biasanya tidak memiliki dimensi yang luas dan area sekitarnya tidak terlalu hijau. Apapun piilhan anda, tentu tetap ada kekurangan dan kelebihannya. Daerah suburban misalnya memiliki efek negatif terhadap habitat alami dan agrikultur.

Apa saja jenis rumah keluarga kecil?

Biasanya terdapat 4 kategori terpisah tergantung ukurannya:

Cottage: Merupakan tipe dengan dimensi terkecil untuk rumah tunggal dan mandiri yang biasanya hanya terdiri dari 4 ruang utama, namun masih memiliki ruang lebih untuk kebutuhan anda seperti mencuci pakaian, kamar mandi dan dapur.

Bungalow: Mirip dengan villa, namun tata ruangnya berpusat pada ruang keluarga/ruang tamu. Secara umum denahnya lebih informal dibandingkan dengan villa. Dimensinya pun terhitung luas.

Villa: Lebih luas dari rumah pada umumnya, biasanya diasosiasikan dengan rumah besar di daerah suburban.

Mansion: Rumah yang sangat luas dan mewah, diasosiasikan dengan kekayaan melimpah. Semakin luas maka semakin kaya pemiliknya.

Berapa harga rumah kecil di Indonesia?

Harga properti di Indonesia sangat beragam, di Jakarta sekalipun perbedaan harganya bisa sangat besar. Jika anda sudah siap membeli properti berarti anda telah menabung sekian tahun atau sudah siap membayar angsuran untuk rumah idaman anda. Harga properti di Jakarta misalnya, rata-rata mendekati Rp. 17 juta kecuali di beberapa daerah di Jakarta Timur, namun di Jawa Tengah harganya hanya mendekati sekitar 8 jutaan per meter persegi. Jangan lupa bahwa harga properti naik setiap tahunnya meskipun awal tahun 2016 sempat turun hingga 23%. Tentu ada pula properti yang harganya hingga miliaran rupiah namun ini juga tergantung pada komitmen finansial anda. Mengkonsultasikan desain rumah tinggal untuk keluarga kecil anda pada arsitek atau desainer interior juga membantu mengatur bujet anda dengan lebih baik.