Sauna: Ide desain, inspirasi & gambar

  1.  Sauna by Realistic-design
  2.  Sauna by andretchelistcheffarchitects
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Sauna by corso sauna manufaktur gmbh
  5.  Sauna by MIDE architetti
  6.  Sauna by AGM Construções e Reformas
  7.  Sauna by andretchelistcheffarchitects
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Sauna by Realistic-design
  10.  Sauna by corso sauna manufaktur gmbh
  11.  Sauna by Next Container
  12.  Sauna by INBECA Wellness Equipment
  13.  Sauna by Realistic-design
  14.  Sauna by Bäderwerk Bad + Design Cutner GmbH
  15.  Sauna by Obras y Proyectos Zen SL
  16.  Sauna by Architekturbüro zwo P
  17.  Sauna by marta carraro
  18.  Sauna by Yantram Architectural Design Studio
  19.  Sauna by Enerama Çevre Teknolojileri San ve Tic A.Ş.
  20.  Sauna by Studioapart
    Ad
  21.  Sauna by Next Container
  22.  Sauna by Next Container
  23.  Sauna by corso sauna manufaktur gmbh
  24.  Sauna by P. CAMP RODERO SL
    Ad
  25.  Sauna by Anastasia Yakovleva design studio
  26.  Sauna by enki design
  27.  Sauna by Frandgulo
  28.  Sauna by Frandgulo
  29.  Sauna by Frandgulo
  30.  Sauna by Frandgulo
  31.  Sauna by Frandgulo
  32.  Sauna by Cleopatra BV
  33.  Sauna by Cleopatra BV

Siapa sih yang tak suka merawat tubuh dan kulit di spa? Sauna dikenal manfaatnya untuk relaksasi dan kesehatan.

Sauna terkenal baik untuk kesehatan karena ia dapat membuka pori-pori dengan uap panas untuk proses detoks pada kulit. Memiliki sauna di rumah merupakan kemewahan tersendiri, namun anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah, misalnya memakai masker pada wajah dan rambut. Saat udara dingin maka spa yang berlokasi di dekat kolam renang ideal terutama untuk metabolisme anda. Alternatif lain? Pilih kamar mandi uap.

Apa saja jenis sauna?

Sauna kering memiliki ciri khas suhu berkisaran 90 to 110 ° C di lingkungan yang cenderung kering. Sauna jenis ini sangat populer jika anda menyukai suhu yang relatif tinggi. Proses pemanasan dilakukan dengan kayu bakar atau oven elektrik. Jika anda berminat berinvestasi dengan oven, maka kami sarankan untuk melengkapinya dengan insulasi glass wool atau styrofoam serta panel kontrol.

Sauna basah memiliki suhu antara 70 dan 90 ° C dengan kelembapan sekitar 10% hingga 25%. Sistem pemanasannya menggunakan batu panas (hot stone) yang berkontak dengan air untuk menciptakan uap.

Sauna uap merupakan alternatif lebih ringan dibandingkan dengan sauna tradisional, yang hanya bersuhu antara 45 dan 65 ° C. Minyak beraroma dapat dicampurkan pada air untuk memaksimalkan proses relaksasi. Namun sauna tipe ini juga relatif lebih mahal dibandingkan sauna kering. Misalnya jika anda tertarik berinvestasi pada sauna jenis ini maka anda perlu berinvestasi pada sumber panas yang memadai yang dapat memproduksi uap elektrik atau gas. Jika sistemnya ingin dibuat otomatis maka diperlukan juga insulasi thermal yang terbuat dari vermiculite, termasuk instalasi pengeringan/saluran air.

Sauna uap sebaiknya memiliki lantai seluas 2,20 m dan biasanya dilapisi keramik,

ubin, porselen, gelas atau pellet epoxy.

Berapa dimensi ideal untuk sauna?

Dimensi untuk sauna prefabrikasi kurang lebih 1.20 x 1.20m x 2.50m to 3m dengan tinggi eksternal sekitar 2m. Jika anda menginginkan sebuah sauna dimana anda bisa berbaring, pilih kabin yang lebarnya setidaknya 2m. Untuk lebih pastinya:

Sauna untuk 4 orang: 1,50 m x 2 m x 2,20 m;

Sauna untuk 6 orang: 2m x 2m x 2.20m;

Sauna untukto 9 orang: 2m x 3m x 2.20m.

Seberapa banyak energi yang dibutuhkan sauna?

Konsumsi energi sauna tentu tergantung ukurannya, dari 2 hingga 20 KW untuk kabin yang lebih besar. Secara umum proses pemanasa per meter kubik membutuhkan 1.3 kW untuk sauna standar, namun tergantung juga pada bentuk dan materi yang dipilih untuk setiap sauna, karena area dengan bahan gelas akan membutuhkan asupan energi yang lebih banyak.

Misalnya kabin ukuran 2x2 m akan membutuhkan energi sebanyak 6 KW untuk proses pemanasan namun berdasarkan pengalaman, sebagian panas terdaur ulang dengan sendirinya. Tips lain untuk membuat proses penginstalan lebih ekonomis adalah membangun sauna menghadap ke arah luar dari dinding bagian luar, sehingga ada ruang insulasi udara diantara satu tembok dengan lainnya. Tips ini dapat menghemat energi hingga sebanyak 500 KW per tahunnya. Jika anda ingin merencanakan proyek spa atau kamar mandi uap anda dengan lebih mendetil, konsultasikan langsung dengan ahlinya.

Bagaimana cara memilih kayu yang ideal untuk sauna kering?

Membangun sauna merupakan proses yang lebih rumit dari yang anda kira. Kabinnya harus tahan panas kering (diatas 90 ° C dengan kelembapan kurang dari 20%) dan untuk sauna basah, ia harus tahan temperatur 50 ° C dan kelembapan hingga 60%.

Sangat sulit menemukan jenis kayu yang memenuhi persyaratan ini, sehingga jenis kayu yang dipilih sebaiknya resisten terhadap suhu tinggi dan kelembapan. Produsen sauna pada umumnya menggunakan kayu dengan spesifikasi berikut:

Untuk dinding dan langit-langit panelnya kurang lebih selebar 15 mm dari kayu mahogani, pinus, cedar atau cemara.

Untuk furnitur dan pelapis bagian pinggir/lining (lantai, bangku, ruang ganti, sandaran punggung dan tangan, dst) pilih kayu aspen atau abachi.

Untuk bagian lain yang tak tampak mata, pilih kayu ekologis.

Sebagai tambahan pada panel bagian atap dan furnitur kayu, baik internal maupun eksternal, sauna seharusnya diberikan lapisan insulasi dari glass wool untuk menciptakan panahan uap aluminium. Tujuannya untuk mencegah kelembapan tersebut mencapai bagian wol. Biasanya hal ini juga dibantu dengan keberadaan pintu kaca tebal.

Lantai apa yang ideal untuk sauna?

Kabin sebaiknya dibangun di lahan yang stabil dan datar. Pelapis sebaiknya dibersihkan secara berkala dan dicek sehingga tidak lembap. Pastikan lantai yang dipilih tidak licin sehingga anda tidak mudah terpeleset dan strukturnya mirip catwalk. Pilih linoleum untuk jalan masuk dan keluar sauna untuk lebih amannya.