Skylight: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad

Apa itu jendela skylight?

Jendela skylight merupakan elemen rumah yang diletakkan di langit-langit rumah dengan sudut yang sama. Jendela ini fungsinya seperti jendela pada umumnya, yaitu sebagai jalan masuk bagi cahaya ke dalam ruangan. Suasana hangat dan terang akan menyebar merata ke seluruh bagian rumah berkat jendela skylight, terutama bila dipasang pada ruangan di mana membuat jendela di dinding tidak memungkinkan. Bila dipasang di kamar tidur, jendela skylight akan menjadi alarm alam yang akan membangunkan Anda dengan lembutnya sinar matahari pagi. Sementara di malam hari Anda bisa menikmati sensasi tidur di bawah bintang-bintang atau cahaya purnama yang menembus jendela skylight.

Ada dua macam jendela skylight, yaitu jendela skylight tanpa ventilasi dan jendela skylight dengan ventilasi. Jendela skylight tanpa ventilasi hanya berperan sebagai sumber cahaya. Sedangkan jendela skylight dengan ventilasi bisa dibuka dan ditutup, sehingga memungkinkan pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan. Ruangan pun menjadi lebih sejuk secara alami. Biasanya jendela skylight yang bisa dibuka dilengkapi dengan engsel dan kusen. Bila jendela di langit-langit bisa dijangkau oleh penghuni, maka jendela semacam ini disebut jendela atap atau jendela Velux, meminjam nama produsen jendela atap yang cukup termashyur. Uniknya, jendela skylight tersedia dalam beraneka bentuk. Ada yang bentuknya persegi, bulat, dan banyak lagi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang skylight

Tak sabar ingin merasakan indahnya tidur di bawah bintang-bintang? Pasang saja jendela skylight di kamar Anda. Namun sebelum melakukannya, bagaimana kalau pertimbangkan dulu beberapa hal di bawah ini?

1. Kondisi ruang. Coba perhatikan apakah jendela skylight sesuai dengan gaya arsitektur rumah Anda? Atap rumah sebelah luar seharusnya bersih tanpa halangan dahan pohon atau bayangan rumah bertingkat tetangga Anda. Kemudian, tentu saja, Anda harus memperkirakan biaya yang diperlukan untuk membuatnya. Jendela skylight sebaiknya tidak dibuat pada bagian atap rumah yang landai atau mendatar.

2. Proses pembuatan jendela skylight. Secara garis besar, pembuatan jendela skylight meliputi membuat lubang di atap, baik di plafon maupun genteng rumah. Setelah lubang terbentuk, kusen jendela dipasang. Sebelum memasang daun jendela, putuskan dulu apakah Anda ingin memasang jendela skylight dengan atau tanpa ventilasi. Jika memilih jendela kaca tanpa ventilasi artinya Anda cukup memasang jendela kaca pada bingkai yang telah tersedia.

3. Perhatikan material atap Anda. Jendela skylight tidak selalu cocok untuk semua jenis atap. Atap dari material yang sangat kokoh (misalnya atap datar), atau bahan bergelombang (genteng) tidak cocok untuk jendela skylight. Hal ini karena flashing jendela skylight, yang berfungsi mencegah masuknya air hujan ke plafon bagian dalam, tidak cocok dengan material-material itu. Pembuatan dan pemasangan jendela skylight sebaiknya dilakukan dengan bantuan seorang ahli di bidang konstruksi rumah.

4. Pemecah cahaya dekoratif. Jendela skylight bukan hanya akan membuat seluruh ruangan lebih sejuk dan terang, namun juga lebih indah. Saat ini telah tersedia skylight dekoratif dengan berbagai ornamen hias memikat. Keindahannya akan tampak nyata ketika bayangan figur dekoratif jatuh di lantai atau dinding rumah. Panas yang dipancarkan matahari bisa diatasi dengan memasang kaca buram atau tinted glass sebagai jendela skylight, sehingga ruangan tetap terang namun tidak menyilaukan.

5. Add On untuk jendela skylight. Anda juga bisa menambahkan elemen untuk memaksimalkan fungsi jendela skylight. Ada add on ventilasi mekanik yang dapat dipasang pada jendela skylight dapur atau kamar mandi untuk mencegah terbentuknya uap. Add on ini bisa juga berfungsi sebagai penyedot asap. Tersedia juga electric dimmer, atau peredup cahaya natural elektrik. Fungsinya adalah untuk mengontrol gelap terang cahaya matahari yang masuk melalui skylight. Sangat bermanfaat ketika Anda ingin beristirahat sebentar di siang hari. Penyedia perlengkapan skylight seperti Solatube menjualnya secara terintegrasi dengan pernak-pernik skylight lainnya, misalnya lampu skylight.

Pemeliharaan jendela skylight

Letak jendela skylight yang jauh dari jangkauan kadang membuat kita melupakan keberadaannya. Ini jangan sampai terjadi agar jendela skylight berfungsi maksimal dalam jangka panjang. Pemeliharaan jendela skylight bisa dilakukan dengan cara:

1. Memberihkan jendela skylight. Seperti jendela kaca lainnya, jendela skylight perlu dibersihkan secara rutin agar sinar matahari dan kerlip bintang tak terhalang debu tebal. Namun jangan bersihkan permukaan jendela skylight saat cuaca sedang sangat terik. Kusen atau bingkai jendela skylight juga perlu dibersihkan secara teratur.

2. Memeriksa kemungkinan adanya kebocoran. Tahap ini sebaiknya dilakukan dengan memanggil pekerja atau ahli di bidang konstruksi atap.

3. Memeriksa kondisi kaca. Dahan pohon atau daun kering yang jatuh ke atap bisa menimbulkan goresan pada permukaan kaca. Untuk memperbaikinya, Anda juga memerlukan bantuan ahli.

4. Memeriksa engsel jendela skylight. Luangkan waktu untuk memeriksa engsel jendela skylight, apakah engsel masih berfungsi sempurna, telah berkarat, atau masih terpasang rapat di tempatnya.

5. Memeriksa add on. Add on ventilasi mekanik dan electric dimmer perlu dicek setiap beberapa minggu sekali untuk mengetahui adanya kerusakan.

6. Pemeliharaan kayu. Kusen kayu jendela skylight, baik bagian yang menghadap ke luar maupun ke dalam rumah sama-sama memerlukan perawatan. Jika kusen terpelihara maka masa pelapukan bisa ditunda lebih lama. Pemeliharaan kayu juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan dan pemasangan kusen baru.

7. Kondensasi.(pengembunan). Pengembunan adalah kondisi yang kurang baik jika terjadi di dalam rumah. Uap air yang terkondensasi menjadi embun di jendela skylight bisa membasahi lantai dan membuat suasana rumah menjadi lembab. Jika jendela skylight mulai mengembun, sebaiknya jendela di ruangan lain dibuka agar udara di dalam ruangan tidak terlalu hangat.

Daun jendela dan kerai untuk jendela skylight

Pemilik jendela skylight di rumah juga mememiliki opsi mengatur gelap terangnya cahaya matahari dengan cara yang lebih menarik secara visual, yaitu memasang daun jendela pada jendela skylight. Bentuk daun jendela skylight mirip seperti jendela kisi-kisi kayu model lama, bisa dibuka tutup secara manual atau otomatis. Daun jendela skylight juga bisa digunakan untuk mengatur arah cahaya yang masuk ke ruangan. Daun jendela skylight bisa terbuat dari kayu, PVC, aluminium atau gabungan dari beberapa bahan. Tersedia dalam berbagai pilihan bentuk dan ukuran standar, namun Anda juga bisa membuatnya sesuai keinginan.

Sedangkan piranti untuk mengontrol instensitas cahaya dan panas adalah dengan memasang kerai khusus untuk jendela skylight. Kerai jendela skylight dapat dibuka lebar atau sebagian sesuai kebutuhan penghuni rumah. Sangat bermanfaat ketika kita ingin ruangan tetap terang namun tidak memaksa kita memincingkan mata. Beberapa jenis kerai jendela yang tersedia adalah kerai block out, kerai pleated honeycomb, kerai reflektor matahari, dan banyak lagi. Kerai jendela berkualitas akan tahan lama jika terpasang seksama. Kerai jendela skylight juga tersedia dalam dua pilihan pengoperasian, yaitu secara manual dan secara elektrik.