Taman tropis: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk taman anda?
    Butuh bantuan untuk taman anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk taman anda?
    Butuh bantuan untuk taman anda?

Bila Anda memiliki taman resor bergaya tropis di rumah tentu Anda akan merasakan liburan setiap hari dengan pemandangan tropis. Untuk bisa menikmati pemandangan tropis dan melepas stres kehidupan perkotaan, Anda tidak perlu ke pinggiran kota atau hutan Kalimantan atau Sumatra.

Namun apakah taman bergaya tropis selalu identik dengan hutan tropis yang rimbun dan luas? Bagaimana dengan teman yang memiliki lahan sempit?

Bagaimana desain taman tropis?

Taman tropis biasanya dipenuhi dengan tanaman-tanaman tropis yang mereka selalu bertahan sepanjang tahun. Tanaman-tanaman tersebut ditata dengan apik berdasarkan ketinggian atau komposisi warna sesuai dengan konsep yang di rencanakan oleh desainer dan pemilik taman.

Secara umum taman yang tropis banyak mengadopsi hutan tropis yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau dengan beragam jenis tanaman. Taman dengan lahan yang luas bisa menempatkan pohon besar dan banyak tanaman tropis dengan menghadirkan air terjun mini, sungai buatan serta kolam ikan, bahkan kolam renang. Berderet pohon-pohon raksasa, tanaman yang didominasi oleh warna hijau, daun pohon yang rindang menjadi peneduh dari panasnya matahari. Batu-batu kali yang dipotong dan disusun juga menjadi salah satu karakteristik taman bergaya tropis.

Pohon palem, bambu, rerumputan, bunga soka, tanaman tudung, kamboja, flamboyan adalah contoh dari tanaman tropis. Pemandangan warna-warni pada tanaman hias tersebut bisa ditata menjadi hamparan taman yang mendukung gaya resor.

Meskipun sering dikritik karena tumbuh terlalu besar atau melayang, pohon palem dan bambu akan menguntungkan gaya dan suasana kebun – mereka menyediakan desahan dedaunan di angin, melengkapi taman dengan langit-langit seperti pakis dan dinding hijau yang rapat, dan melakukan pekerjaan yang bagus dalam penyaringan privasi.

Konsep taman tropis tidak hanya diterapkan bagi Anda yang memiliki taman berukuran luas. Anda yang memiliki lahan sempitpun tetap bisa membuat taman bergaya tropis. Menempatkan tanaman gantung maupun menghadirkan pot-pot dengan bambu air, bambu mini, lidah buaya adalah solusi bagi Anda yang memiliki lahan sempit. Menempatkan mereka di salah satu dinding teras juga memberikan efek menyejukkan.

Bagaimana perawatan taman tropis yang baik?

Jangan berharap taman tropis bebas perawatan. Siapa pun yang berdiam di iklim yang hangat dan curah hujan tinggi tahu bahwa tanaman akan menggurita dari tanah selama periode basah/hujan. Tanaman harus di pangkas dengan baik saat musim penghujan. Saat musim hujan juga merupakan saat yang tepat jika Anda ingin mem budidaya kan tanaman favorit dengan setek maupun membuat bibit kecambah biji tanaman.

Beri makan tanaman Anda dengan pupuk organik setiap musim semi dan semprot semua dedaunan dengan larutan rumput laut setiap musim agar tanaman tetap kuat dan kuat. Di taman tropis, yang terbaik adalah menjaga area rumput kecil. Potong mereka saat musim hujan dan berikan air saat musim panas.

Bromeliad berdaun terang akan selalu mengejutkan Anda dengan sifat tahan banting dan semangat mereka. Mereka hanya berbunga sekali tapi akan terus tumbuh, tumbuh tanaman baru, atau 'anak anjing', dari samping. Saat anak anjing mencapai sekitar 10cm, potong dengan pisau tajam, lalu tanam kembali di kulit pohon pinus, bukan tanah. Sebagai alternatif, biarkan tanaman mengumpul secara alami. Bromeliad tidak harus ditanam di kebun, mereka sama senangnya dengan batang pohon atau pot.

Sebagian besar hiu hias mereda di musim dingin, dan Anda harus menyingkirkan semua dedaunan yang shaggy dan sekarat. Saat cuaca memanas, berikan mereka pupuk kandang dengan segera setelah dedaunan baru muncul. Gingers membutuhkan penyiraman secara teratur selama musim tanam mereka.

Bagaimana membuat taman tropis?

Menggabungkan dedaunan berwarna cerah adalah kunci untuk mencapai tampilan tropis. Untuk penampilan maksimal, posisikan tanaman dengan daun merah, kuning, oranye, pink, ungu dan hijau limau bersebelahan. Bunga-bunga berwarna-warni, seperti kamboja yang harum, kembang sepatu, jahe hias dan lily akan menghangatkan taman dan memberikan warna kontras lebih jauh dengan dedaunan tempat tinggal dan kanopi hijau yang semarak.

Dedaunan harus tampak menarik,, semarak dan penuh warna, dan tanaman harus dipilih berdasarkan ukuran, bentuk dan tekstur daunnya. Penanaman dalam kelompok angka ganjil (tiga, lima, tujuh dan sembilan) adalah tipuan umum yang digunakan oleh perancang taman – memberi warna kuas dan tekstur yang luas, dan membuat perbedaan besar pada nuansa kebun. Menempatkan tanaman dengan dedaunan yang kontras di samping satu sama lain akan menciptakan efek dramatis dan menarik.

Jika Anda suka memasak, cobalah rempah-rempah di kebun tropis Anda. Mereka tidak hanya memberikan rasa dan aroma yang indah ke berbagai macam hidangan, mereka berbau fantastis di kebun dan membantu mencegah hama.

Lengkuas, kunyit, rimpang jahe, kapulaga, serai, ketumbar dan mint akan tumbuh dengan baik di antara semak tropis di tempat yang sejuk dan lembab. Mereka adalah tanaman kaya manfaat dan sangat mudah perawatannya.

Dalam taman bergaya tropis terdapat ribuan varietas yang bisa dipilih. Untuk hasil yang optimal hubungi ahli dalam bidang taman tropis sehingga bisa menyesuaikan dengan lahan, lingkungan, konsep taman dan juga bujet yang Anda punyai.

Mempekerjakan perancang profesional yang baik tidak hanya memberikan hasil akhirnya yang secara visual memikat, semua masalah dapat diatasi pada awalnya. Untuk hasil yang memuaskan dan profesional hubungi pakar taman yang tersedia dalam database homify.