Tangga

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad

Apa fungsi tangga di rumah?

Tangga menghubungkan ruangan dari lantai berbeda. Jika koridor menghubungkan ruangan dengan karakteristik berbeda, maka tangga dapat melakukannya secara vertikal. Tangga adalah bagian desain yang tak dapat digantikan, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Banyak yang menyangka tangga hanya sekedar untuk dilewati, untuk naik dan turun.

Banyak yang kurang menyukai tangga, hanya karena desainnya yang kurang nyaman. Untuk tangga sebetulnya yang terpenting adalah proporsinya, jika desain dan eksekusinya tidak dilakukan dengan seksama maka tentu akan menjadi kaku dan kurang nyaman.

Hal apa saja yang harus diperhatikan saat mendesain tangga?

Ada beberapa proses yang sebaiknya dilalui. Pertama, ada proporsi yang sebaiknya diikuti. Tangga yang memiliki kurang lebih tinggi dua kali lebarnya ditambah 63 cm, dipercaya sebagai formula yang membuatnya nyaman digunakan. Maka jika tangga milik anda kurang nyaman, anda dapat mencoba mengukur dan menghitungnya dengan lebih seksama.

Selain itu penting memperhitungkan ruangan yang tersedia. Jika ruangan yang ada cenderung sempit, bentuk spiral dapat menjadi alternatif untuk menghemat ruang. Ruang di bawah tangga sendiri dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan atau menyembunyikan objek yang tidak berguna. Namun anda juga dapat memanfaatkan sudut tersebut untuk membaca atau berbagai kreatif lainnya.

Elemen apa yang sebaiknya dipertimbangkan saat menginstall tangga?

Banyak peraturan secara hukum yang sebaiknya dipertimbangkan jika anda ingin menginstall tangga. Terutama jika anda memiliki gedung yang tinggi, karena tangga merupakan salah satu inti rute evakuasi yang terpenting jika terjadi sesuatu di dalam gedung. Terkadang untuk alasan keamanan, tangga juga dapat diinstal di bagian dalam dan luar ruangan. Tangga semacam ini yang dibuat untuk tujuan keamanan sebaiknya juga dilengkapi dengan pegangan.

Untuk pejalan kaki, tangga adalah salah satu hal yang paling menyebalkan. Karena itu, ada lampu dan elevator yang secara legal harus diinstal untuk kenyamanan pengguna karena digunakan untuk keperluan publik.

Apa pro dan kontra tangga spiral?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tangga spiral cocok untuk menghemat ruangan. Selain itu saat turun naik tangga anda dapat melihat ruangan melalui jarak antara tiap anak tangga. Sering pula ia ditempatkan di tengah-tengah ruangan, bak sepotong karya seni.

Namun tentu juga ada kekurangannya, misalnya ia kurang nyaman digunakan terutama jika anda akan perlu memindahkan benda berukuran besar antar ruang. Karena itu anda harus mempertimbangkan baik-baik sesuai keperluan dan kemungkinan yang ada, serta tentu ukuran dan bentuk ruang.

Bahan apa yang sebaiknya digunakan untuk tangga?

Tidak perlu materi khusus, asalkan bahan tersebut solid dan stabil. Misalnya kayu, merupakan salah satu bahan favorit untuk membuat tangga, karena menciptakan atmosfer yang lembut dan menyenangkan. Gaya pun bisa disesuaikan dengan sekitarnya. Misalnya jika anda menyukai gaya industrial, maka anda dapat melengkapinya dengan pegangan anak tangga dari bahan besi. Anda juga dapat memainkan unsur warna dengan interior ruangan, agar strukturnya lebih harmonis.

Cara membuat tangga yang paling cocok

Semua orang ingin memiliki tangga yang cantik dan nyaman diakses, tentu lebih baik lagi jika sesuai selera anda beserta keluarga. Jika anda memiliki anak maka tangga pun perlu dipertimbangkan keamanannya, misalnya anak tangganya lebih pendek dan lebar. Hal yang sama juga dapat diaplikasikan untuk manula, misalnya dibuat lebih landai sehingga tidak mempengaruhi keseimbangan tubuh. Cara termudah tentu menghubungi tenaga ahli, misalnya seperti arsitek interior di homify.