Teras atap: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Ad
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad

Mengapa teras rooftop?

Akibat ketersediaan lahan yang semakin terbatas, semakin sedikit keluarga yang bisa memiliki rumah berhalaman luas. Area sempit pun membuat individu harus memutar otak jika ingin menambah ruangan di rumah yang tak seberapa luas. Pilihannya adalah membuat tambahan ruang di atas rumah, sehingga rumah memiliki dua lantai atau lebih. Rumah dengan atap datar adalah yang paling diuntungkan dalam hal ini, karena atap rumah yang landai bisa memiliki fungsi lebih dari sekedar pelindung dari panas dan hujan, atau tempat menjemur pakaian.

Kemajuan di bidang arsitektur menawarkan cara memaksimalkan atap datar rumah untuk menunjang kesejahteraan para penghuninya, baik dari segi fisik maupun psikis. Cara yang ditawarkan adalah memanfaatkan atap rumah sebagai teras rooftop atau teras di atap rumah. Teras rooftop dapat menjadi sarana di rumah untuk bersantai, dapat digunakan setiap saat tanpa perlu keluar rumah. Di sini penghuni rumah juga bisa mengadakan pesta kecil untuk kerabat dan teman-teman dekat. Mereka yang hobi berkebun tapi tidak punya halaman memiliki kesempatan untuk bercocok tanam. Baik tanaman hias atau tanaman sayur bisa diletakkan di sekeliling teras rooftop sebagai pendukung kesegaran suasana. Selain itu, teras rooftop yang didesain seksama bisa meningkatkan estetika rumah secara optik (visual).

Cara membangun teras rooftop

Membuat teras rooftop sebenarnya tidak terlalu rumit karena dasar atau flooring teras sudah tersedia. Kita cukup menambahkan atap dan elemen lain sebagai pendukungnya. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Memeriksa ketersediaan ruang. Walaupun rumah Anda nyata memiliki atap datar, namun pemeriksaan tetap perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui panjang dan lebar area atap sebagai panduan untuk membuat desain teras atap rumah.

2. Konsultasi. Tak perlu sungkan berkonsultasi pada ahli di bidang konstruksi dan perancangan bangunan. Ini sangat direkonendasikan agar teras atap rumah idaman dapat direalisasikan dalam wujud yang tidak hanya fungsional, namun juga enak dilihat. Jika memungkinkan, berkonsultasilah pada arsitek atau ahli atap yang merancang rumah Anda. Anda juga perlu membicarakan rencana pendirian teras di atap rumah dengan para tetangga di kanan kiri rumah, karena pembuatan konstruksi rumah pasti menimbulkan kebisingan. Lebih baik lagi jika Anda minta ijin pada Ketua RT di lingkungan Anda sebelum memulai pembangunan teras atap rumah.

3. Mendesain teras atap rumah. Rencana diperlukan sebelum membuat apapun. Gambarlah bentuk teras atap rumah yang Anda inginkan. Ada beragam variasi desain teras rooftop di sini yang bisa digunakan sebagai referensi. Anda juga bisa merancangnya bersama arsitek kepercayaan Anda.

4. Pemilihan material. Desain yang telah dibuat akan menjadi acuan tentang material atau bahan apa saja yang perlu Anda siapkan. Perubahan pada desain teras rooftop mungkin akan perlu dilakukan jika bahan yang Anda butuhkan tidak tersedia di sekitar Anda. Selain itu, pemilihan material juga perlu memperhatikan hal penting lainnya, yaitu bujet Anda. Sebaiknya Anda fleksibel karena ketersediaan bujet mungkin akan mengakibatkan perubahan desain teras rooftop yang telah dibuat.

5. Pelaksanaan. Setelah rincian pengeluaran dan desain ditetapkan, Anda dapat memesan material yang dibutuhkan di penjual bahan bangunan terdekat. Ketika semua material siap di tempat, proses pembangunan bisa dimulai berdasarkan desain teras rooftop.

Berbagai pilihan material atap datar

Sebelum membuat teras rooftop, tentu saja kita harus memastikan atap datar rumah kita cukup kuat untuk menahan beban dan beraktivitas. Hal ini sangat tergantung pada material atap datar yang kita gunakan. Material atap rumah biasa seperti atap sirap aspal, genteng beton, atau seng gelombang bukan pilihan terbaik, karena bahan-bahan ini mudah mengalami kebocoran.

Beberapa material atap datar yang kami rekomendasikan adalah:

1. PVC.

Atap atau membran PVC adalah material thermoplastis yang terdiri dari satu lapisan saja. Meski demikian, atap PVC diketahui sebagai bahan yang kuat dan tahan lama, dapat bertahan 15 sampai 30 tahun. Bagian tepi atap PVC dilas untuk membentuk jaringan kedap air. Sebagian besar atap PVC, terutama yang berwarna putih dapat memantulkan sinar matahari sehingga hawa udara di bawah atap ini tetap sejuk di cuaca panas. Atap PVC juga tidak berisik saat hujan turun, tidak berkarat, dan tidak dapat menjadi konduktor listrik. Khusus untuk atap PVC dijual dengan satuan meter lari (m1), yaitu sekitar 770 mm atau 77 mm. Sedangkan harga atap PVC saat ini adalah berkisar antara Rp 125 ribu per meter lari. Pemasangan atap PVC harus dilakukan oleh seseorang yang ahli di bidang itu. Sedikit kekeliruan pada pemasangan akan mengakibatkan tampilan atap yang kurang maksimal.

2. EPDM rubber

Ini adalah material atap yang terbuat dari karet elastoner membran sintetik. Membran kimiawi bahan atap EPDM rubber stabil dan fleksibel bahkan ada suhu rendah. Bahan ini juga dapat bertahan 10 sampai 15 tahun, elastis dan dapat memanjang ke segala arah tanpa retak. EPDM rubber juga dipromosikan sebagai bahan atap yang mudah dipasang. Harga membran atau atap EPDM rubber bervariasi berdasarkan ketebalannya. Sebuah merek EPDM rubber dengan ketebalan 1,14 mm ditawarkan dengan harga Rp 306 ribu per meter persegi. Meski lebih murah daripada atap PVC, EPDM rubber bersifat menyerap panas sehingga kurang nyaman untuk daerah tropis.

3. TPO

TPO adalah kepanjangan dari thermoplatic polyolefin yang mendefinisikan bahan dasar material atap ini. Atap TPO memiliki sifat tahan air dan dapat bertahan 7 sampai 20 tahun. Atap ini juga stabil dan dinamis terhadap benturan karena adanya kandungan serat polyester, mudah pula cara pemasangannya. Kekurangan atap TPO adalah pada harganya yang cukup mahal mengingat bahan ini merupakan barang impor yang didatangkan dari luar negeri.

4. Modified bitumen (bitumen modifikasi)

Jenis atap ini terbuat dari membran aspal yang telah dimodifikasi agar dihasilkan material atap yang kuat untuk bangunan keperluan khusus. Modified bitumen memiliki daya tahan 10 sampai 20 tahun dan Anda dijamin tidak akan terganggu saat musim hujan karena material ini terdiri dari beberapa lapisan dan tahan air. Kekurangan material ini adalah sifatnya yang menyerap panas dan diperlukan ketrampilan khusus untuk memasangnya. Harga atap modified bitumen di pasaran ditentukan berdasarkan bahan yang dicampurkan dalam membran aspal. Ini membuat kisaran harga atap modified bitumen cukup jauh, yaitu antara Rp 60 ribu sampai Rp 160 ribu per lembar.

5. Atap datar built-up (built-up roofing)

Tipe atap datar built up adalah jenis atap datar yang paling dikenal orang. Atap ini terdiri dari tiga lapisan atau lebih material tahan air yang disusun dengan cara menyilang. Atap datar built up biasanya juga ditambah dengan batu kali sehingga menjamin ketahanannya 15 sampai 20 tahun mendatang. Meski demikian atap jenis ini sangat berat sehingga dibutuhkan konstruksi penyangga yang benar-benar kuat. Diperkirakan biaya pembuatan atap datar built up adalah sekitar Rp 175 juta.

6. Atap datar spray on

Atap datar spray on memungkinkan pemilik rumah memiliki konstruksi atap datar tanpa kelim yang tahan air di seluruh permukaan atap. Atap jenis ini juga paling tahan lama jika dibandingkan dengan material lainnya, yaitu kuat hingga lebih dari 20 tahun. Namun, biaya pembuatan atap datar spray on cukup mahal.